EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH ONLINE MISSIONNARY GENERATION COMMUNITY (OMGC) INDONESIA DALAM PENGINJILAN BAGI KAUM MUDA TAHUN 2022

Christanti, Ezra Veronika (2025) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM OLEH ONLINE MISSIONNARY GENERATION COMMUNITY (OMGC) INDONESIA DALAM PENGINJILAN BAGI KAUM MUDA TAHUN 2022. Sarjana thesis, STT Intheos Surakarta.

[thumbnail of Cover-Daftar Isi.pdf] Text
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of BAB I-BAB VI.pdf] Text
BAB I-BAB VI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

Adapun yang menjadi latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah anak muda memiliki kecenderungan untuk memainkan telepon genggam secara berkala, minimnya sosialisasi dengan sekitar, ditambah dengan terjadinya pandemi kurang lebih 2 tahun sehingga dalam sebuah penginjilan memiliki keterbatasan. Di masa sekarang, remaja memiliki instagram sebagai salah satu koneksi secara online yang menghubungkan satu orang dengan yang lain tanpa dibatasi dengan jarak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah pertama, mengapa beberapa gereja tidak peduli dengan kaum muda? Kedua, apakah gereja tidak mempedulikan kaum muda? Ketiga, bagaimana efektivitas media sosial instagram dalam penginjilan kaum muda bagi komunitas Online Missionary Generation Community tahun 2022? Adapun tujuan dalam skripsi ini untuk mengetahui efektivitas media sosial Instagram dalam penginjilan secara online di Online Missionary Generation Community.Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah Leader dan admin dari komunitas Online Missionary Generation Community. Adapun teori yang didapat, antara lain: situasi, kondisi, waktu, tempat, lingkungan tidak dapat mempengaruhi misi Tuhan atau yang biasa disebut dengan Amanat Agung. Memberitakan Injil atau Penginjilan dapat dilakukan di mana saja. Sekarang, penginjilan juga dapat dibantu dengan berbagai teknologi. Salah satu teknologi yang membantu yaitu media sosial Instagram dikarenakan kita bisa membangun relasi dengan orang baru dengan mudah. Penginjilan bersifat online dapat berjalan dengan efektif, jika penggunaan media sosial Instagram ini dapat dimaksimalkan.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa situasi, kondisi, tempat, waktu, lingkungan pada masa sekarang, tidak dapat mempengaruhi untuk memberitakan kabar sukacita yaitu Injil. Tujuan dan manfaat Instagram yaitu menyediakan fasilitas untuk memudahkan dan mempercepat penggunanya dalam melakukan interaksi sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media sosial; Penginjilan; Komunitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Divisions: S1-Pendidikan Agama Kristen (PAK)
Depositing User: Yehezkiel Yoga Pratama Setiadi
Date Deposited: 24 Feb 2025 05:02
Last Modified: 24 Feb 2025 05:02
URI: https://repository.sttintheos.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item
View Item