Radiyanto, Agus (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI SEKOLAH DASAR KRISTEN TRI PUTRA BAKTI SURAKARTA TAHUN 2023/2024. Sarjana thesis, STT Intheos Surakarta.
![[thumbnail of Cover-Daftar Isi.pdf]](https://repository.sttintheos.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover-Daftar Isi.pdf
Download (623kB)
![[thumbnail of BAB I-BAB V.pdf]](https://repository.sttintheos.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I-BAB V.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://repository.sttintheos.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (230kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pada kategori apa beberapa guru di Sekolah Dasar Kristen Tri Putra Bakti Surakarta Tahun 2023/2024 menerapkan model pembelajaran Problem Based Learnig saat proses pembelajaran, untuk mengetahui pada kategori apa kemampuan berfikir kritis siswa pada pelajaran pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar Kristen Tri Putra Bakti Surakarta Tahun 2023/2024, untuk mengetahui besarnya tingkat pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar Kristen Tri Putra Bakti Surakarta Tahun 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrumen kuisioner untuk mengumpulkan data dari 37 siswa-siswi kelas 4 dan 5. Data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik untuk menguji hubungan antara Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Data diuji menggunakan metode statistik yaitu, uji normalitas, uji liniaritas dan uji hipotesis. Hasil analisis data akan akan digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.
Berdasarkan hipotesis pertama, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam kategori sedang, hasil penelitian pada kategori sedang dan dinyatakan diterima. Hipotesis kedua kemampuan berfikir kritis siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen pada kategori sedang, hasil penelitian kategori sedang dan dinyatakan diterima. Hipotesis ketiga pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Dasar Kristen Tri Putra Bakti Surakarta tahun 2023/2024 dalam kategori sedang, dan hasil penelitian dalam kategori tinggi dinyatakan ditolak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Berfikir Kritis; Model Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BR Christianity B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education |
Divisions: | S1-Pendidikan Agama Kristen (PAK) |
Depositing User: | Yehezkiel Yoga Pratama Setiadi |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 13:20 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 13:20 |
URI: | https://repository.sttintheos.ac.id/id/eprint/55 |